Manajemen pendidikan merupakan
proses pengembangankegiatan kerjasama sekelompok orang untuk mencapai tujuan
pendidikan yang telah ditetapkan. Proses pengendaliankegiatan kelompok tersebut
mencakup perencanaan (Planning),
pengorganisasian (organizing), penggerakan
(actuating), dan pengawasan (controlling) sebagai suatu proses untuk
menjadikan visi misi menjadi aksi.
Para ahli mengungkapkan manajemen
pendidikan berdasarkan sudut pandang dan focus yang berbeda sesuai konsep
teoritis yang melandasinya. Knezevich (1984:9) menyamakan arti manajemen
pendidikan dengan administrasi pendidikan. Ia mengemukakan bahwa manajemen atau
administrasi pendidikan sebagai “ . . . a
specialized set of organizational functions whose primary purposes are to
insure the efficient and effective delivery of relevant educational service as
well as implementation of legislative policies through planning, decision making,
and leadership behavior that keeps the organizations focused ….”
Definisi tersebut menunjukkan bahwa
manajemen pendidikan memiliki berbagai kegiatan yang sangat kompleks dan saling
berhubungan. Menajemen pendidikan juga merupakan sekumpulan fungsi untuk
menjamin efesiensi dan efektivitas pelayansan penddikan, melalui perencanaan pengambilan
keputusan, perilaku kepemimpinan,penyiapan alokasi sumber daya, stimulus dan
koordinasi personil, penciptaan iklim organisasi yang kondusif, serta penentuan
pengembangan fasilitas untk memenuhi kebutuhan peserta didik dan masyarakat di
masa depan. Manajemen pendidikan merupakan rangkaian kegiatan bersama atau
keseluruhan proses pengendalian usaha atas kerjasama sekelompok orang dalam
mencapai tujuan pndidikan yang telah ditetapkan secara berencana dan
sistematis, yang diselenggarakan pada suatu lingkungan tertentu.
Engksoswara (2001:2) mengemukakan bahwa manajemen pendidikan dalam arti
seluas-luasnya adalah suatu ilmu yang mempelajari bagaimana menata sumber daya
untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara produktif dan bagaimana
menciptakan suasana yang baik bagi manusia yang turut serta di dalam mencapai
tujuan yang disepakati bersama. Pada hakekatnya, manajemen pendidikan
menyangkut tujuan pendidikan, manusia yang melakukan kerjasama, proses sistemik
dan sistematik, serta sumber-sumber yang didayagunakan. Manajemen pendidikan
merupakan suatu cabang ilmu manajemen yang mempelajari penataan sumber daya
manusia, kurikulum, fasilitas, sumber belajar, dan dana, serta upaya mencapai
tujuan lembaga secara dinamis.
Referensi;
(Kontak Admin)
0 komentar:
Post a Comment